Sabtu, 29 Mei 2010

Hukum Permintaan dan Penawaran

A. Permintaan(demand)
Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga, pada waktu dan tmpat tertentu.
A.1 Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang diminta (permintaan). Hokum permintaan menyatakan bahwa antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang diminta mempunyai hubungan terbalik.
Bunyi hukum permintaan sebagai berikut “Apabila haraga barang/jasa mengalami kenaikan maka jumlah barang/jasa yang diminta mengalami penurunan, sebaliknya jika harga barang/jasa mengalami penurunan maka jumlah barang/jasa yang diminta mengalami kenaikan.”
Hukum permintaan akan berlaku apabila kondisi ekonomi dalam keadaan “ceteris paribus” artinya tidak ada perubahan pada factor yang mempengaruhi permintaan.
A.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan.
a. Adanya perubahan harga pada barang/jasa yang bersangkutan.
b. Adanya perubahan pendapatan masyarakat.
c. Tingkat intensitas kebutuhan.
d. Perubahan jumlah penduduk.
e. Terjadinya perubahan selera konsumen.
f. Expektasi / prediksi harga barang/jasa pada waktu yang akan datang.
g. Adanya barang-barang substitusi.

B. Penawaran
Penawaran (Supply) adalah sejumlah barang atau jasa yang disediakan untuk dijual pada berbagai tingkat haraga pada waktu dan tempat tertentu.
B.1 Hukum Penawaran.
Hukum penawaran menjelaskan tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang/jasa yang akan ditawarkan. Hukum penawaran menyatakan bahwa antara harga dengan jumlah barang/jasa memiliki hubungan berbanding lurus.
Bunyi hukum penawaran sebagai berikut: “Apabila harga barang/jasa mengalami kenaikan maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan juga mengalami kenaikan sebaliknya apabila harga barang/jasa mengalami penurunan maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan juga mengalami penurunan.”
Hukum penawaran akan berlaku apabila kondisi ekonomi dalam keadaan “ceteris paribus” artinya tidak ada perubahan pada faktor yang mempengaruhi penawaran.
B.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran.
a. Biaya produksi
b. Perubahan teknologi.
c. Keuntungan yang diharapkan.
d. Kebutuhan uang tunai.
e. Expektasi / prediksi harga barang/jasa pada waktu yang akan datang.
f. Adanya pajak dan subsidi.
g. Perubahan jumlah produsen.

C. Harga Keseimbangan(Equilibrium Price).
Harga Keseimbangan adalah tingkat harga yang terjadi di pasar karena adanya kesepakatan antara permintaan harga dengan penawaran.
Contoh:
Harga (P) Jumlah Permintaan (Qd) Jumlah Penawaran(Qs)
Rp. 4.000.000,00 20 unit 40 unit
Rp. 3.500.000,00 25 unit 35 unit
Rp. 3.000.000,00 30 unit 30 unit
Rp. 2.500.000,00 35 unit 25 unit
Rp. 2.000.000,00 40 unit 20 unit

Tidak ada komentar:

Recent Post