Sabtu, 29 Mei 2010

Bentuk Pasar Berdasarkan Struktur

A. Pasar Persaingan Sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah pasar dimana pihak penjual (produsen) dan pihak pembeli atau konsumen saling mengetahui keadaan pasar. Kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dari masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Pihak produsen harus menjual barangnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku. Pasar persaingan sempurna akan muncul apada keadaan dimana terdapat banyak penjual (produsen), dan msding-masing memproduksi/menjual barang yang identik atau homogen sehingga mereka sangat kecil kemungkinan untuk mempengaruhi situasi pasar. Bagi penjual (produsen) yang menurunkan harga, tidak akan mampu memenuhi permintaan sebaliknya yang menaikkan harga akan mengalami kerugian karena ditinggalkan pembelinya.
B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition), jumalah penjual (produsen) dan jumlah pembeli(konsumen) tidak sebanding. Kemungkinan yang pertama adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual (produsen), sehingga penjual (produsen) dapat dengan bebas menentukan hargabarang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan agar ia dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Kemungkinan yang kedua adalah pasar dikuasai oleh satu atau beberapa pembeli, sehingga pembeli dapat dengan bebas menentukan harga barang dan jumlah barang yang akan diperjual-belikan. Bentuk-bentuk pasar pesaingan tidak sempurna antara lain;
a. Pasar Monopoli
Merupakan pasar yang dikuasai oleh satu produsen, dalam pasar monopoli barang yang dijual bersifat lain dari pada yang lain (unique). Tidak ada substitusi terhadap barang yang dijual oleh penjual (produsen) tunggal tersebut, dengan demikian penjual (produsen dapat menentukan harga pasar sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh. Pada pasar monopoli ada hambatan bagi penjual (produsen) lain untuk masuk sebagai pesaing.
b. Pasar Oligopoli dan Pasar Duopoli
Pasar Oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual (produsen), sedangkan pasar duopoly merupakan pasar yang terdiri dari dua penjual (produsen). Barang yang diperjual-belikan pada pasar ini bersifat homogen dan dapat juga bersifat difrennsiasi. Pada pasar oligopoly maupun duopoly pihak penjual (produsen) harus mempertimbangkan akan terjadinya persaingan dalam menetapkan harga jual dan strategi pemasaran.
c. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik mempunyai ciri-ciri yang terdapat pada pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan monopoli. Dikatakan mirip dengan pasar persaingan sempurna karena ada kebebasan bagi perusahaan sebagai penjual (produsen) untuk masuk pasar dan keluar pasar lagi, akan tetapi barang yang diperjualbelikan tidak homogen. Barang yang diperjualbelikan dibedakan melalui berbagai macam program promosi penjualan. Dengan demikian pasar persaingan monopolistik adalah suatu keadaan dimana terdapat banyak penjual (produsen) yang berkaitan erat tetapi bukan penjual atau penghasil barang yang sama. Barang yang diperjual-belikan pada pasar persaingan monopolistic hanya satu jenis saja, akan tetapi mempunyai perbedaan-perbedaan dalam hal bentuk, kualitas maupun ukuran. Pasar monopolistic banyak dijumpai pada sektor jasa misalnya salon, butik dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Recent Post